Sabtu, 14 Juli 2012

ANOTHER, Anime Bergenre Horror Mystery


Sanggup bikin merinding...

Bagi kawan-kawan penggemar anime apalagi anime bergenre horor mystery, Magazines! merekomendasikan anime berjudul Another. Another adalah horor anime TV series 2012 yang diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Tsutomu Mizushima, berdasarkan novel dengan judul sama yang ditulis oleh Yukito Ayatsuji. Bagi yang belum tau, ini dia infonya!

Serial ini ditayangkan 12 episode di Jepang antara 10 Januari dan 27 Maret 2012. Naskah ini ditulis oleh Ryo Higaki, dan  kepala direktur animasi Yuriko Ishii, desain karakter yang digunakan di anime ini berdasarkan konsep asli Noizi Ito. Sountrack diproduksi oleh Kow Otani, dan direktur suara Yoshikazu Iwanami, anime ini memiliki dua lagu: lagu pembuka "Kyōmu Densen" ( Mimpi Buruk Menular?) oleh Ali Project, dan lagu penutup "Anamnesis" oleh Annabel.

Kisah anime Another sendiri dimulai dengan sebuah rumor kematian seorang siswa kelas 9-3 di sebuah smp pada 26 tahun yang lalu. Siswa tersebut adalah Misaki, seorang anak yang tidak hanya pandai dan rupawan, tapi juga disukai oleh teman-teman dan guru disekolah tersebut. Suatu hari tiba-tiba meninggal dunia karena kecelakaan. Kematian Misaki yang tiba-tiba membuat teman-teman dan gurunya terkejut, dan entah mengapa, salah satu diantara mereka mulai menyangkal kematian Misaki. Semua anak kelas 9-3 mulai berlaku seolah-olah Misaki masih hidup, bahkan kepala sekolah pun mengatur agar kursi Misaki disediakan saat upacara kelulusan sekolah. 

Kisah beralih ke bulan April tahun 1998. Kouichi Sakakibara adalah seorang siswa kelas 9 smp yang pindah dari Tokyo kesebuah kota dipelosok, Yomiyama (Yomikita). Dia jatuh sakit dan harus dirawat inap karena sakit paru-paru tepat disaat dia akan memulai sekolah barunya, SMP Yomiyama Utara. Satu hal yang aneh, mereka(Tomohiko, Yukari, Izumi) yang menjenguk dari teman sekalasnya banyak melontarkan pertanyaan seolah ragu bahwa Kouichi baru pertama kali tinggal dikota tersebut. Suatu malam Kouichi tidak sengaja bertemu dengan anak perempuan berseregam SMP Yomikita didalam sebuah lift. Anak perempuan tersebut mengatakan bahwa ada sesuatu yang harus disampaikannya pada sebagaian dirinya diruang jenazah rumah sakit tersebut. Sebelum berlalu, gadis itu mengatakan bahwa namanya adalah Mei Misaki, ketika akhirnya Sakakibara sembuh dari sakitnya, ia datang ke sekolah. Bibinya Reiko Mikami yang merangkap sebagai wakil wali kelas 9-3, kelas Sakakibara, memberikannya beberapa petunjuk. Hingga akhirnya ia bertemu lagi dengan gadis yang bersama dengannya di lift rumah sakit. Dan dia mendapati bahwa Mei ada diantara teman-teman sekelasnya. Anehnya, Mei selalu sendirian dan sepertinya tidak ada seorang pun yang menyadari keberadaan Mei.

Semua siswa kelas 9-3 merasa tak mengenalnya ketika Sakakibara menanyakan perihal tentang seorang gadis bernama Mei Misaki. Hanya ia satu-satunya murid yang tak tahu apa-apa tentang sebuah rahasia yang tersimpan didalam kelas 9-3. Mungkin karena Sakakibara awal mulanya bicara dengan Mei, hal itulah yang membuat semua teman sekelas Sakakibara sulit untuk menceritakannya. Sakakibara terus saja mendekati Mei, walaupun ada beberapa siswa yang ingin menghalangi Sakakibara. Mei pernah mengatakan bahwa  ia sebenarnya diperlakukan sebagai seseorang yang ‘tak pernah ada’. Hal ini untuk menghindari dari kematian, walaupun tidak beberapa persen terhindar. Tak lama kemudian Sakakibara juga diperlakukan sama dengan Mei, dianggap tak pernah ada. Hingga akhirnya Mei menceritakan kejadian sesungguhnya pada 26 tahun yang lalu, yang mengakibatkan seluruh warga kelas 9-3 semakin dekat dengan kematian. Hal ini bermula setelah angkatan murid kelas Misaki lulus. Begitu hal itu terjadi maka akan dimulai ada yang mati setiap bulan entah itu murid ataupun keluarga mereka.  Ia juga mengatakan, di tahun berikutnya, kelas 9-3 selalu memiliki siswa tambahan. Siswa tambahan itu merupakan orang yang telah mati, dan juga susah untuk dibedakan dengan yang lainnya, karena ia juga memiliki jasad. Dan juga setiap semester ajaran baru, bangku dikelas 9-3 selalu kurang satu. Biarpun sudah disiapkan cukup untuk penghuni kelas.
Korban satu demi satu berjatuhan, karena tak tahan lagi Sakakibara CS ingin menemukan petunjuk yang ditinggalkan oleh siswa yang telah lulus tahun lalu. Siswa yang dulunya berhasil menghentikan malapetaka tersebut.

Gimana, penasaran nggak? Kalau iya, buruan tonton animenya! Tapi, bagi yang mentalnya kurang kuat melihat berbagai macam proses kematian yang tidak wajar tolong dipertimbangkan, ya.. karena dalam anime ini terdapat banyak pertumpahan darah, mulai dari kematian yang tidak wajar hingga pembunuhan. Hiii...

1 komentar: