Selasa, 26 Juni 2012

SOSOK DI BALIK FILM SUKSES


Ogah Bikin Film Biasa

Film-film sukses lahir dari bakat dan kemampuan mereka.

                Film sukses identik dengan orang-orang ini. Sebut saja satu dua film tersukses sepanjang masa, maka akan muncul nama mereka. Misalnya, film Avatar yang dibuat oleh James Cameron. Nah, James Cameron ini pula yang membuat film Titanic yang bertahan lebih dari 10 tahun sebagai film terlaris di dunia. Enggak cuma Cameron, lho! Masih banyak yang lain. Kesamaan mereka yaitu sama-sama ogah bikan film biasa. Film buatan mereka harus luar biasa!

1.) Peter Jackson


Waktu kecil sutradara kelahiran Selandia Baru ini udah dibeliin kamera 8 mm oleh ortunya. Kamera itu kemudian dipakai bermain dengan teman-temannya. Sejak kecil dia udah dikenal sebagai orang yang bisa ngembangin ide bagus meski modalnya sedikit. Sudah banyak film yang dibuat Peter Jackson, tapi karya yang membuat namanya ngetop adalah trilogi Lord of The Rings. Film pertama, The Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring, yang dirilis tahun 2001 meraih ratusan juta dollar. Tiga tahun kemudian dia merilis sekuel Lord of The Rings: The Return of The King yang memberinya gelar Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik. Dia juga membuat ulang film King Kong yang dirilis tahun 2005.

2.) George Lucas


Sejak kecil George Lucas udah menyukai mobil-mobil cepat. Tapi kesukaannya itu terpaksa ditinggalkan setelah dia mengalami kecelakaan menjelang lulus SMU. Setelah lulus sekolah dia mulai menyukai dunia film dan masuk sekolah film. Kesukaan pada mobil cepat yang melatarbelakangi dia bikin film American Graffiti. Tapi film yang membuat namanya mendunia adalah film Star Wars Episode IV: A New Hope dibuat tahun 1977. Tahun 1980, dia membuat Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back, lalu tahun 1983 membuat Star Wars Episode VI: Return of The Jedi. Sekitar 15 tahun kemudian, melengkapinya dengan Star Wars  Episode The Phantom Menace (1999), Star Wars Episode II: Attack The Clones (2002), Star Wars Episode Revenge of The Sith (2005), dan terakhir film animasi Star Wars: Clone Wars. Dia juga membuat film Raiders of The Lost Ark (1981) disutradarai Steven Spielberg. Ini juga ada prekuelnya Indiana Jones and Temple of Doom (1984), dan Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull.

3.) Steven Spielberg


Spielberg udah tertarik dengan film sejak kecil. Dia mulai membuat film dengan toyz-nya seperti kereta api-kereta apian di rumah. Untuk menonton film buatannya, Spielberg udah memungut bayaran. Meski berbakat, tapi dia sempat tiga kali ditolak ketika pengen kuliah di sekolah film UCLA. Alasannya, nilai mata pelajarannya rendah. Karena merasa sekolah bukan satu-satunya tempat mempelajari film, Spielberg kemudian mengajukan diri magang tanpa dibayar di Universal Studios. Di sini salah satu karyanya diterima dan dia diminta jadi sutradara. Sejak itu Spielberg membuat beberapa film sukses, baik sebagai sutradara maupun sebagai poduser. Mulai dari E.T., Jurassic Park, Amistad, Schindler’s List, dan Saving Private Ryan. Film yang diproduserinya antara lain Transformers dan Transformers: Revenge of The Fallen yang sukses berat. Ada pula film terbarunya yang dirilis tahun 2011, The Adventures of Tintin: Secret of The Unicorn.

4.) Tim Burton


Tim Burton terkenal dengan gayanya yang nyentrik dan rambut keriting. Ini juga tampak dari filmnya yang nyentrik dan gelap. Burton mulai mendunia sejak membuat film Batman tahun 1989yan ketika itu masih kategori film berbiaya besar (big butget movie). Kemudian dia membuat film eksentrik tapi laku yaitu Edward Scissorhands. Kemudian membuat sekuel Batman, yaitu Batman Returns. Film ini dianggap film Batman terbaik yang pernah dibuat. Film terkenal lain yang dibuat Tim Burton adalah Mars Attack! (1996), Planet of The Apes (2001) dan Charlie and The Chocolate Factory (2005). Film teraru Tim Burton adalah Alice in Wonderland.

5.) James Cameron


James Cameron berasal dari Kanada dan sudah membuat fil sukses sejak 1980-an. Tahun 1980-an dia membuat Terminator yang disusul dengan Terminator 2: Judgement Day. Keduanya sukses. Tapi film yang benar-benar melambungkan namanya adalah Titanic tahun 1997. Film ini berada di urutan pertama sebagai film paling laris selama lebih dari 10 tahun. Hebatnya lagi, rekor film terlaris Titanic baru-baru ini dipecahkan oleh film Avatar yang juga dibuat oleh James Cameron. Avatar meraih keuntungan 2,8 milyar dollar, sedangkan Titanic 1,8 milyar dollar. Cameron dulu sering kerja sama dengan aktor Arnold Schwarzenegger di film The Terminator, Last Action Hero, dan True Lies. Dia juga ikutan menulis cerita di film Rambo: First Blood Part II yang mengangkat nama Sylvester Stallone.

6.) Wachowski Brothers


Seperti namanya, Wachowski terdiri dari Laurence “Lary” Wachowski dan Andrew Paul “Andy” Wachowsky. Mereka berasal dari keluarga Amerika berdarah Polandia. Sejak masih balita, keakraan dan kerjasama dua bersaudara ini udah kelihatan. Mereka menyukai komik dan sejak remaja ingin membuat film yang diangkat dari komik. Wachowski Brothers mulai membuat film sejak pertengahan tahun 1990-an. Nama mereka mulai terkenal ketika membuat trilogi The Matrix yang diawali The Matrix (1999), The Matrix Reloaded, dan  The Matrix Revolutions (2003). Di film ini mereka jadi penulis, sutradara, dan produser sekaligus. Setelah itu mereka membuat film V for Vendetta (2006) dan Speed Racer (2008). Film terbaru Wachowski Brothers adalah Ninja Assassin.


(From: XY Kids! Edisi 18/VII/08-21 April 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar